MPP Kotabaru, Wujud Nyata Integrasi Layanan Publik

by
10 Juli 2025

NEWSWAY.CO.ID, KOTABARU – Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kotabaru terus menunjukkan peran strategis dalam mempermudah akses layanan masyarakat. Sejak resmi beroperasi pada 23 Juni 2025, antusiasme warga terus meningkat dari pekan ke pekan.

~ Advertisements ~

Data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat, sebanyak 275 warga memanfaatkan layanan pada pekan pertama. Angka itu melonjak menjadi lebih dari 400 pengunjung di pekan kedua.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Pelaksana Tugas Sekretaris DPMPTSP Kotabaru, Rahmad Saputra, menyampaikan bahwa tingginya angka kunjungan menjadi indikator kuat akan kebutuhan masyarakat terhadap sistem layanan publik yang terintegrasi dalam satu tempat.

“Sejak dibuka di Jalan Pangeran Hidayat, Desa Sebatung, Pulau Laut Utara, respons masyarakat sangat positif. Ini membuktikan bahwa kehadiran MPP sangat relevan dalam mempercepat dan mempermudah akses pelayanan,” ujarnya, Rabu (9/7/2025).

Plt Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotabaru, Rahmad Saputra.

Rahmad menjelaskan bahwa layanan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Samsat, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menjadi yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, layanan keimigrasian juga cukup diminati meskipun hanya tersedia dua kali dalam sebulan dengan kuota terbatas, yaitu 50 hingga 60 pemohon per kunjungan.

~ Advertisements ~

Meski operasional MPP berjalan cukup lancar, sejumlah tantangan masih dihadapi. Di antaranya, layanan perbankan yang belum optimal dan keterbatasan anggaran operasional, termasuk belum tersedianya konsumsi bagi petugas pelayanan.

~ Advertisements ~

“Kami berharap ada dukungan lanjutan dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas MPP, baik dari sisi fasilitas, penambahan jenis layanan, maupun dukungan dari lembaga keuangan,” tambah Rahmad.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu layanan, pihak MPP juga berencana mulai mengumpulkan testimoni masyarakat sebagai bahan evaluasi dan pengembangan ke depan.

Kehadiran MPP Kotabaru menjadi solusi nyata dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, mudah, dan terintegrasi. Masyarakat kini tak perlu lagi berpindah-pindah lokasi untuk mengurus berbagai keperluan administratif semuanya tersedia dalam satu atap.

Tinggalkan Balasan

Latest from Blog