NEWSWAY.CO.ID, BALANGAN – Upaya menjadikan pembelajaran seni budaya lebih menarik di SMPN 4 Awayan membuahkan hasil melalui inovasi bernama Artopoly Games. Permainan berbasis papan ini dikembangkan untuk mengatasi kejenuhan siswa terhadap metode pembelajaran konvensional yang dinilai monoton dan kurang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Inovatornya, Abdul Latif, S.Pd, menjelaskan bahwa Artopoly Games menggabungkan unsur permainan dan edukasi. Dalam permainan ini, siswa bersaing menjawab berbagai pertanyaan seputar seni dan pengetahuan umum untuk menguasai wilayah di papan permainan, mirip dengan konsep monopoli.


“Inovasi ini diharapkan mampu menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan membuat siswa lebih aktif serta terlibat dalam proses belajar,” ujarnya, Jumat (27/6/2025).

Permainan ini tak hanya melatih pemahaman materi, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, kerja sama, dan strategi. Dengan pendekatan yang lebih interaktif, Artopoly Games dinilai mampu menjawab tantangan dalam pembelajaran seni budaya yang kerap dianggap membosankan.

Keunggulan lain dari Artopoly Games adalah fleksibilitasnya yang memungkinkan penerapan tidak hanya pada seni budaya, tapi juga pada mata pelajaran lain. Selain itu, pendekatan ini memberikan alternatif pembelajaran yang kontekstual dan lebih dekat dengan keseharian siswa.
Dengan metode ini, diharapkan pembelajaran seni budaya di SMPN 4 Awayan menjadi lebih bermakna dan menyenangkan bagi para siswa.
M Nasrullah Newsway.co.id Balangan