NEWSWAY.CO.ID, BANJARBARU – Masyarakat dapat menyampaikan saran, kritik, dan masukan untuk perbaikan pelayanan publik pemerintah daerah melalui platform SP4N Lapor (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

Platform ini menjadi saluran bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan agar pelayanan publik menjadi lebih baik dan sesuai dengan harapan mereka. Hal ini disampai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar, HM Hilman dalam sosialisasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Ballroom Hortensia Hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (11/6/2025).


HM Hilman meminta agar pengelolaan pengaduan SP4N Lapor yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) di Kabupaten Banjar dapat ditingkatkan. Sosialisasi yang sedang berlangsung ini berfokus pada pengelolaan pengaduan masyarakat melalui platform tersebut.
“Pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat harus dikelola dengan baik agar mereka dapat mengikuti prosesnya melalui aplikasi dan menerima hasilnya,” harapnya.


Ia mengatakan, sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan saran, kritik dan masukan kepada layanan lapor ini.

“Sehingga pelayanan publik ini bisa lebih baik lagi, bisa diterima dan masyarakat bisa lebih puas atas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui online,” ucap Hilman.
Hilman menjelaskan bahwa sosialisasi ini juga menghadirkan Benny Sanjaya dari Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan sebagai narasumber. Benny akan memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai tata cara pengelolaan pengaduan dan bagaimana Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Banjar dapat memberikan tanggapan yang efektif kepada masyarakat.

Kabag Organisasi Setda Banjar, Santi Nurlaela, menjelaskan bahwa pengelolaan pengaduan menjadi sangat penting mengingat ekspektasi masyarakat yang semakin tinggi terhadap layanan publik yang cepat, tepat, dan transparan.
“Pengelolaan pengaduan tidak hanya berfungsi sebagai saluran aspirasi dan pengawasan publik, tetapi juga sebagai sarana perbaikan berkelanjutan dalam penyelenggaraan pelayanan publik bagi pemerintah daerah,” pungkasnya
Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hingga tingkat Kecamatan.