Pemko Banjarbaru Raih Dua Penghargaan Pelayanan Publik, Pj Wali Kota Terima Langsung dari Wamen PANRB

by
17 April 2025

NEWSWAY.CO.ID, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru kembali menorehkan prestasi membanggakan dalam bidang pelayanan publik. Dalam Rapat Koordinasi Pelayanan Publik se-Kalimantan Selatan Tahun 2025 yang digelar di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (17/04/2025), Pemko Banjarbaru menerima dua penghargaan bergengsi sekaligus dari Kementerian PANRB.

~ Advertisements ~

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PANRB) Purwadi Arianto kepada Pj Wali Kota Banjarbaru H. Subhan Nor Yaumil.

~ Advertisements ~

Dua kategori yang diraih yakni Predikat Sangat Baik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik, serta Kategori Prima sebagai Pemerintah Daerah Penyelenggara Mal Pelayanan Publik (MPP).

~ Advertisements ~

Dalam sambutannya, Wamen PANRB Purwadi Arianto menyampaikan bahwa pelayanan publik yang berkualitas dan inklusif merupakan bagian dari arah pembangunan jangka panjang nasional sebagaimana tertuang dalam RPJPN. Ia menegaskan, pembenahan pelayanan publik melalui digitalisasi, inovasi, dan integrasi merupakan investasi langsung bagi masa depan bangsa.

“Pelayanan publik yang baik bukan hanya cepat dan efisien, tapi juga adil dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama kelompok rentan,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan lima aspek utama dalam mewujudkan pelayanan publik ramah kelompok rentan, sebagaimana diatur dalam PermenPANRB No. 11/2024, yaitu:

  1. Komitmen kebijakan dan pimpinan,
  2. Aksesibilitas fisik yang ramah difabel,
  3. Aksesibilitas komunikasi dan informasi,
  4. Akomodasi layak untuk kelompok berkebutuhan khusus,
  5. Kapasitas dan sensitivitas SDM pelayanan.

Purwadi turut mengapresiasi peningkatan Indeks Pelayanan Publik (IPP) Provinsi Kalimantan Selatan yang terus menunjukkan tren positif tiap tahunnya.

Hal ini disebutnya sebagai hasil nyata dari komitmen, perbaikan sistem, dan semangat pelayanan dari seluruh jajaran pemerintahan daerah.

“Capaian ini patut kita syukuri dan jadikan motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan publik yang berpihak pada masyarakat,” pungkasnya.

Penghargaan ini menjadi bukti keseriusan Pemko Banjarbaru dalam mewujudkan pelayanan publik yang profesional, inklusif, dan berdampak langsung bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Latest from Blog

Membahas berbagai agenda organisasi, termasuk pergantian kepemimpinan, evaluasi program, dan penetapan kebijakan merupakan kegiatan yang sering dilakukan setiap organisasi. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kotabaru melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) bertempat di Ballroom Lt. 4 Hotel Gramd Surya Kotabaru, Sabtu (19/04/2025) ( Foto : Sagustira/newsway.co.id)