Serahkan Penghargaan Pelayanan Publik 2024, Wali Kota Akui Masih Perlu Banyak Pembenahan

17 Desember 2024
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina saat menyerahkan penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2024. (Foto: Prokom Banjarmasin/newsway.co.id)

NEWSWAY.CO.ID, BANJARMASIN – Sejumlah SKPD dan Unit Pelayanan Publik mendapatkan penghargaan Penilaian Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2024.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Menurut Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, penghargaan tersebut sengaja diberikan sebagai rapor instansi di lingkup Pemko Banjarmasin.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Dirinya menilai masih perlu adanya banyak pembenahan terhadap berbagai SKPD.

~ Advertisements ~

“Secara keseluruhan sudah sangat tinggi, tapi secara masing-masing SKPD juga perlu banyak yang dibenahi,” ucap Ibnu pada Senin (16/12/2024).

~ Advertisements ~

Meskipun demikian, ia berpesan kepada SKPD peringkat tertinggi agar terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Kami berharap dengan diberikannya rapor tahun ini, mudah-mudahan menjadi pemicu semangat bagi SKPD, Organisasi, Unit Pelayanan Publik,” jelas Ibnu.

Sementara itu, kepada SKPD yang masih rendah agar bisa ditingkatkan lebih baik lagi.

“Yang nilainya masih C kebawah, itu bisa lebih digenjot lagi, lebih baik lagi dari aspek pelaporan, aspek pelayanan masyarakat,” terang Wali Kota Banjarmasin.

Adapun untuk penilaian kinerja pelayanan publik tahun 2024 peringkat teratas diraih oleh:
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dengan nilai 4,78 predikat A (Pelayanan Prima)
Dinas Sosial Kota Banjarmasin dengan nilai 4,62 predikat A (Pelayanan Prima)
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin dengan nilai 4.14 predikat A (sangat baik)
RSUD Sultan Suriansyah dengan nilai 4,08 predikat A (sangat baik)
Puskesmas Cempaka Putih dengan nilai 4,40 predikat A (sangat baik
Puskesmas Kayutangi dengan nilai 4,29 predikat A (sangat baik)
Puskesmas 9 November dengan nilai 4,18 predikat A (sangat baik)

Kemudian untuk capaian indeks kepuasan masyarakat peringkat teratas diraih oleh:
Dinas Sosial dengan nilai 94,58 predikat A (sangat baik)
Dinas Perdagangan dan Perindustrian dengan nilai 94,34 predikat A (sangat baik)
Kecamatan Banjarmasin Timur dengan nilai 93,59 predikat A (sangat baik)
RSUD Sultan Suriansyah dengan nilai 94,91 predikat A (sangat baik)
Kelurahan Kertak Baru Ulu dengan nilai 99,32 predikat A (sangat baik)
UPTD Parkir dengan nilai 99,23 dengan predikat A (sangat baik).

Untuk capaian tingkat kematangan organisasi perangkat daerah dilingkungan pemerintah Kota Banjarmasin peringkat teratas diraih oleh:
DPMPTSP dengan skor 54
Diinas Sosial dengan skor 52
Dinas Perhubungan dengan skor 52.

Terakhir untuk capaian kualitas kinerja perangkat daerah peringkat teratas diraih oleh:
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan skor 81,50 (baik)
Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan dengan skor 80,64 (baik).

Tinggalkan Balasan

Latest from Blog

Rutinitas setiap minggunya, mendengarkan keluhan, masukan, dan saran dari masyarakat terkait kamtibmas serta memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi warga. Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kotabaru bersama Polsek Pulau Laut Utara menggelar kegiatan "Jum'at Curhat" di Pangkalan Ojek Pelabuhan Panjang, Jumat (2/5/2025) pukul 09.00 WITA ( Foto : Humas Polres Kotabaru/newsway.co.id)